Masker yang Tepat Untuk Melindungi dari Polusi

Pemandangan orang mengaplikasikan masker anti polusi di daerah kerja atau dikala naik kendaraan umum mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Pertanyaannya adalah, apakah masker tersebut benar-benar mampu melindungi Anda dari polusi?

Tujuan utama mengaplikasikan masker merupakan mencegah Anda terkena penyakit, umpamanya dari polusi yang dapat menyebabkan keadaan sulit pada saluran pernafasan Anda.

Sedangkan tidak menonjol, ada demikian itu banyak zat membahayakan di udara. Berbentuk debu halus atau asap, dan gas yang tak kelihatan. Salah satu daerah Anda bisa terekspos zat berbahaya yakni di tempat kerja. Anda mungkin terekspos oleh zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan persoalan pernafasan seperti batuk, bersin-bersin, dada sakit, sesak, atau bahkan susah bernapas. Masker dapat menjadi pelindung terhadap zat-zat membahayakan semacam itu.

Masker yang tepat sasaran untuk menghalau polusi yaitu masker khusus yang dapat menyaring kuman dan virus di udara agar tidak masuk ke mulut dan hidung. Sementara itu, masker wajah yang terbuat dari kertas atau kain tidak tepat sasaran, sebab partikel bakteri masih bisa menembus masker dan masuk ke saluran pernapasan. Menurut seorang pakar dari University of Alabama, Birmingham, menggunakan masker yang tidak ideal menutup wajah sama sekali tak akan memberikan perlindungan kepada tubuh. Masker yang khusus diwujudkan untuk pernafasan mungkin dapat berfungsi sebagai pelindung, melainkan jelas bukan masker kertas atau kain seperti yang biasa dikenakan oleh dokter dikala melaksanakan operasi.

Masker Anti Polusi yang Tepat

Masker yang Tepat Untuk Melindungi dari Polusi

Masker yang dihasilkan khusus untuk pernafasan disebut sebagai N95 Respirator. Masker ini berbeda dengan masker wajah biasa. Sedangkan sama-sama didesain untuk mencegah penyebaran kuman (virus dan bakteri), N95 dirancang secara pas menutupi wajah dan dilengkapi dengan alat yang sangat efisien untuk menyaring partikel membahayakan di udara, bahkan partikel dengan ukuran kecil sekalipun. Sebaliknya, masker wajah biasa terasa longgar dan tak menempel di wajah. Untuk mencegah diri Anda terpapar oleh zat-zat membahayakan di udara, Anda membutuhkan masker pernafasan N95.

Ada sebagian hal yang patut Anda observasi saat menerapkan N95 Respirator supaya masker ini bisa berprofesi dengan tepat sasaran dalam melindungi kesehatan Anda:

-N95 tidak dirancang untuk anak-si kecil atau Anda yang mempunyai rambut pada wajah sebab N95 tidak akan bisa menutupi wajah secara total, menyisakan celah dan bisa disusupi partikel-partikel berukuran kecil.
-Orang-orang yang memiliki situasi sulit pernafasan kronis, jantung, atau situasi medis lainnya yang membuat mereka sulit bernafas sepatutnya secara khusus dulu berkonsultasi dengan dokter mengenai pemakaian N95. Anda membutuhkan usaha lebih keras untuk bernafas mengaplikasikan N95, sebab itulah, lebih bagus untuk menanyakan sistem penerapannya dengan ahli secara khusus dahulu.
-Untuk mencegah penularan bakteri atau virus, N95 tidak boleh diterapkan bergantian dengan orang lain.
-Bila N95 milik Anda telah rusak, kotor, atau membikin Anda susah bernafas, seketika ganti dengan yang baru.

Pastikan untuk selalu melindungi diri Anda dari zat berbahaya di udara dengan menerapkan masker pernafasan yang ideal. Tetapi yang juga perlu Anda pahami yaitu penyebaran kuman penyakit, termasuk virus dan kuman, justru tak jarang kali tak berasal dari udara namun tangan yang terkontaminasi. Anda tetap disarankan rajin mencuci tangan untuk menghindari penyebaran bakteri-kuman penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *