Gizi Yang Diperlukan Ibu Hamil (penting)

gizi bagi janin
Pentingnya Gizi Ibu Hamil Untuk Janin

Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari ketika ada wanita yang sedang hamil sangat berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan dirinya dan janin dalam kandungan. Kebutuhan protein serta gizi bagi ibu yang sedang mengandung merupakan salah satu yang penting sekali untuk diperhatikan. Kebutuhan sang ibu dan janin harus memenuhi angka kecukupan gizi (AKG) agar nantinya kesehatan ibu dan buah hati dapat terjaga. Hal yang paling mendasar bagi setiap pasangan yang akan dikarunai anak untuk memperhatikan status gizi ibu hamil karena berperan besar bagi pertumbuhan serta perkembangan janin.

Menurut achadi (2002) mengatakan bahwa angka kecukupan protein pada ibu hamil lebih besar dari wanita dewasa yaitu sebesar 60 mg/hari. Maka dari itu keluarga terutama suami harus mencukupi kebutuhan gizi bagi istrinya yang sedang hamil. Ada beberapa asupan gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil diantaranya protein, besi, seng,asam folat, vitamin A. kekurang gizi tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan janin yang akan dilahirkan berupa janin akan mengalami berat badan rendah atau kurang dari normal (prematur).

Setiap pasangan pasti tidak menginginkan buah hatinya terlahir dengan berat badan kurang (prematur). Maka dari itu sudah saatnya mengonsumsi makanan yang baik bagi ibu hamil dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat. Makanan yang baik bagi ibu hamil dapat menjadikan janin dan ibu hamil dalam keadaan sehat. Sebaliknya, ibu hamil yang memakan makanan ataupun perilaku yang kurang baik akan berakibat pada janin dan beresiko janin mengalami keracunan di dalam kandungan.

Ibu hamil harus mengetahui perbedaan pola prilaku dan makanan yang berpengrauh terhadap janin dan ibu hamil. Salah satu contoh perilaku ibu hamil yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok, kokain serta stress akan berakibat pada keadaan bayi saat dilahirkan. Selanjutnya mengonsusmsi makanan yang baik bagi ibu hamil berupa mengonsumsi makanan memiliki banyak Sumber protein berupa biji-bijian dan kajang-kacangan salah satunya yakni beras merah. Menurut penelitian bahwa beras merah mengandung zat bernama zink, zat besi, vitamin A, seng. Menurut iryadi (2003) mengatakan bahwa ibu hamil yang kekurangan zat besi akan melahirkan anak dengan berat badan rendah. Oleh karena itu kebutuhan protein ibu hamil harus terpenuhi dengan mengonsumsi beras merah secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *