Bahayanya ketika anak Menonton Acara TV tanpa pengawasan orang tua!!!

Belakangan ini, film-film mengenai superhero jadi ramai serta dilihat banyaknya anak-anak.Kadang-kadang film-film yang diputar di bioskop ini telah dilabeli spesial untuk remaja.Tetapi, kenyataannya banyak anak-anak yang bukanlah remaja atau anak-anak yang masih tetap dibawah remaja, melihat tanpa ada pengawasan dari orangtua.Hal semacam ini jadi satu persoalan, bila anak itu melihat tanpa ada pengawasan dari orangtuanya.

Sebab, sekarang ini banyak tontonan yg tidak mendidik anak, terlebih bila menayangkan kekerasan, perkelahian, serta beberapa hal negatif yang lain.Hal sama disebutkan oleh Nana Gerhana, M. Psi., Psikolog, kalau waktu anak melihat satu siaran, orang-tua mesti ada untuk menuntun. Sebab, ini yaitu tanggung jawab orang-tua.

Bila seseorang anak punya kebiasaan untuk melihat siaran yang didalamnya diisi pesan negatif, itu juga akan merangsang anak-anak untuk ikuti apa yang diliatnya.

” Apa yang diliat oleh anak umumnya juga akan di jenising, sesudah anak itu melihat, ia juga akan mempraktikkan, anak-anak relatif ikuti apa yang diliatnya sebab mereka mudah sekali untuk mengikuti.

Pada intinya, bila anak menginginkan melihat siaran yang sesungguhnya tontonan orang dewasa, bisa saja.Tetapi, prasyaratnya yaitu mesti tetaplah didampingi oleh orang-tua.Disini peranan orang-tua begitu perlu, karna kadang-kadang anak-anak melihat tanpa ada tahu jalurnya, cuma lihat pergerakan dari gambar serta nada.Hal semacam ini memerlukan peranan orang-tua untuk mengontrol apa yang tengah dilihat anaknya.

Paling tidak, orangtua dapat menerangkan maksud dari siaran tersebut.Anda jadi orang-tua juga butuh memberi keterangan tentang arti dari tontonan itu.Nana memberikan, bila orang-tua tidak turut andil dalam mengontrol tontonan anak, hal semacam ini bisa memengaruhi kepribadian pada anak itu.

Satu diantara misalnya yaitu bila seseorang anak mononton siaran adegan kekerasan, agresifitas, serta hal negatif sehari-hari, jadi beberapa hal negatif itu telah jadi hal yang umum saja untuk anak itu.Karenanya, kembali sekali lagi pada peranan orang-tua yang begitu perlu.

Bila orang-tua dapat turut mengontrol, peluang untuk anak Anda dipengaruhi dari beberapa hal negatif dan peniruan anak pada apa yang dilihatnya dapat jadi tambah lebih kecil. Pastinya orangtua yang baik tidak mau anaknya terpengaruhi oleh tontonan negatif, yang buat anak anda jadi anak yg tidak di berharap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *