Yuk Kenalan Dengan 3 Jenis Alat Medis Di Rumah Sakit

Alat Kesehatan didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat, yang berfungsi untuk mencegah, mendiagnosa, menyembuhkan penyakit, merawat dan memulihkan kesehatan pada manusia serta membentuk struktur dan juga memperbaiki jaringan tubuh.

Ada banyak sekali macam dan jenis alat – alat kesehatan yang bisa kita temui di Rumah Sakit atau pusat layanan kesehatan lainnya yang sejenis. Namun kita bisa mengklasifikasikannya menjadi beberapa macam. Setidaknya ada tiga macam dan jenisnya. Yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat – alat diagnostic in vitro. Pada kesempatan ini penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk mengenal macam – macam alat ini.

1# – Alat Elektromedik

Apa itu alat elektromedik ? Yaitu alat – alat medis yang menggunakan atau membutuhkan arus listrik atau aliran listrik sehingga dinamakan elektromedik. Contoh alat ini cukup banyak dari unit yang kecil dan sederhana hingga unit yang cukup besar dan bernilai sangat mahal seperti alat defibrillator, x-ray, USG dan lain sebagainya. Alat – alat elektromedik umumnya memiliki kemampuan otomatis karena sudah menggunakan komponen – komponen digital.

2# – Non Elektromedik

Berbeda dengan alat elektromedik yang menggunakan tenaga listrik, alat non elektromedik adalah kebalikannya. Sehingga bisa kita definisikan yaitu alat – alat medis yang tidak membutuhkan energi listrik. Alat non elektromedik kebanyakan bekerja secara manual. Contoh alat ini juga sangat banyak, bisa kita lihat sendiri di rumah sakit seperti alat suntik, alat infus, jarum dan benang operasi, plester, desinfectan dan lain sebagainya.

3# – Diagnostic In vitro

 Satu golongan yang tidak berhubungan dengan dua jenis alat yang sudah kita bahas diatas, karena dikelompokkan berdasarkan fungsinya yang spesifik sebagai alat diagnostic. Jadi alat ini berfungsi secara khusus sebagai alat yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit pasien melalui uji sample darah dan juga urine. Jenis dan macamnya juga cukup banyak dan umumnya berada di ruang laboratorium medis di sebuah rumah sakit. Contoh alat ini seperti hematology analyzer, chemistry analyzer, urine analyzer dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *